Tutorial Editing Photo Instagram Ep.1 Folk Tone

Semakin banyak ilmu yang kita bagikan, maka akan semakin banyak pula yang kita dapatkan.

Seperti tujuan awal saya dalam membuat Blog ini, yaitu untuk berbagi perihal apa saja yang baik-baik. Mulai dari membagikan cerita perjalanan saya, foto-foto atau dokumentasi yang saya ambil selama perjalanan, tulisan-tulisan pribadi saya seperti prosa dan puisi atau yang saya sebut sajak barat daya, sampai dengan beberapa tips dan pengetahuan editing foto yang saya punya.

Meskipun pengetahuan yang saya punya masih sangat sedikit dan tidak terlalu ahli dalam hal ini, setidaknya ilmu yang saya dapat bisa saya bagikan kepada kawan-kawan pembaca. Karena satu hal yang saya yakini dan sudah saya buktikan sendiri, bahwa semakin banyak ilmu yang kita bagikan, maka akan semakin banyak pula yang kita dapatkan. Karena cara terbaik untuk belajar adalah dengan cara mengajarkan.

NOTED : Saya lebih suka memotret dengan format foto RAW, yang bisa diatur pada kamera DSLR/Mirrorless. File RAW biasanya lebih besar dan warna pada foto dengan file RAW masih terpisah dan memudahkan dalam proses Editing. Tapi bukan berarti file foto JPEG tidak bisa diedit dengan Tutorial Adobe Lr ini, tetap bisa kok 🙂

Tutorial ini cocok untuk foto lanscape dengan objek dan latar pohon-pohon, hutan, atau daun dengan dominasi warna hijau. Saya juga sudah menyediakan foto dengan format RAW yang bisa kalian edit untuk latihan di link berikut ini :

https://www.dropbox.com/s/wzxg4ohm45glmwf/IMG_0656.CR2?dl=0

Okay, langsung saja kita mulai tutorial editing photo dengan tema kali ini yaitu folk tone.

Folk Tone

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam penamaan aliran editing photo. Mengapa sebuah foto dikatakan beraliran folk atau tidak. Barangkali karena di Instagram kalian yang sering melihat postingan-postingan foto dari akun-akun featured seperti @folkindonesia @livefolk @folkmagazine dan akun-akun lain yang cenderung memposting foto dengan tone atau efek dari fotonya yang seirama, biasanya foto-foto yang mereka posting cenderung sedikit gelap dengan tetap memperhatikan mood dari objek foto yang jelas.

Saya sangat menyukai efek dari foto ini. Entah kenapa saya selalu mempunyai mood yang positif saat melihat foto-foto dengan tone seperti ini.

Aplikasi apa yang saya pakai ?

Dahulu, ketika awal mengenal dunia fotografi, saya berpikir aplikasi untuk mengedit foto profesional hanyalah photoshop. Photoshop memang sudah terkenal sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh fotpgrafer-fotografer di seluruh dunia.

Semakin lama belajar dan masuk ke dunia ini, saya jadi tahu kalau ada sebuah aplikasi yang lebih mudah dan cepat untuk mengedit foto. Namanya Adobe Lightroom. Sama dengan Adobe Photoshop, aplikasi ini juga merupakan produk dari Adobe.

Saya menggunankan Lightroom CC di Laptop saya, ada beberapa versi dari Lighroom yang bisa kamu pakai. Pada dasarnya semua versi Lr cara penggunaanya tak jauh berbeda. Untuk yang belum menginstall aplikasi ini, kalian bisa install terlebih dahulu.

How to start ?

Setelah aplikasi Lightroom (Lr) terinstall dengan benar, kita mulai dengan membuka aplikasi ini. Sepertinya kalian sudah paham bagaimana cara membuka aplikasi ini, tidak perlu saya ajarkan lagi ya. 😉

1. Jalankan aplikasi Lightroom

Tinggal klik 2 kali pada icon Lr, atau kalau tidak bisa, bisa klik kanan lalu run as administrator.

Adobe Lightroom CC

Tampilan awal adobe lightroom CC

2. Import foto

Setelah aplikasi Lightroom terbuka, import atau masukkan foto yang akan diedit ke library Lr. Caranya dengan mengarahkan kursor ke library lalu klik tombol import yang ada di kiri bawah.

Import photo Lightroom

Import photo Lightroom

Pilih foto yang akan diedit, tampilannya akan seperti gambar dibwah ini:

Import photo Lightroom

Di bagian kiri akan ada pilihan lokasi foto yang akan kita import, biasanya saya menyimpan foto di drive D atau E. Selanjutnya berikan centang dengan mengklik satu atau beberapa foto yang akan diedit.

3. Mulai Mengedit Foto

Setelah berhasil mengimport foto, kita akan mulai mengedit foto. Langkah awalnya adalah memilih foto yang akan kita edit dengan cara klik pada foto yang sudah ada di library Lr.

Import photo Lightroom

Import photo ke Lightroom

Langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman Develop Lr. Klik menu Develope yang ada pada sisi kanan atas.

edit photo Lightroom

Develop photo Lightroom

  • Crop dan atur perspective foto

Klik menu menu yang berbentuk kotak dengan garis putus-putus pada panel kanan.(perhatikan gambar dibawah)

Kita bisa mengatur size foto sesuai keinginan dan juga bisa mengatur perspektif jika foto yang akan kita edit sedikit miring seperti fot yang akan saya edit kali ini. Setelah foto di crop, jangan lupa untuk menekan tombol done pada kanan bawah untuk menyelesaikan proses croping.

crop photo Lightroom

  • Mengatur Basic Tone

Basic tone mencakup temperature, tint, exposure, contrast, hightligts dan menu-menu lai yang ada pada bagian basic. Aturlah sesuai dengan yang saya beri lingkaran merah. Pada foto ini saya sengaja mengurangi exposure agar foto terlihat lebih gelap seperti konsep foto yang saya inginkan yaitu Folk dark tone.

Jika kalian menggunakan foto yang saya sediakan, silahkan ikuti saja sesuai angka yang tertera pada gambar (contoh : Exposure -0.6, contrast +13, dst..)

Tapi jika menggunakan foto sendiri, kalian bisa mengatur sendiri sesuai keinginan masing-masing agar tidak terlalu gelap. Saya sarankan kembali, tone ini cocok untuk foto dengan latar hutan.

 

basic tone adobe lightroom

Basic tone adobe lightroom

 

  • Mengatur Tone Color

Lanjut ke color, menu ini berada dibawah menu tone curve, masih di panel kanan karena semua proses editing foto pada adobe lightroom dilakukan dibagian panel kanan.

Disini saya akan mengatur beberapa warna, seperti warna hijau dari daun yang berada pada background dan warna kuning pada objek orang.

Yang saya mainkan hanya warna hijau dan kuning, dengan komposisi :

Hijau :

  • Hue (-37)
  • Saturation (-3)
  • Luminance (-2)

Kuning :

  • Hue (0)
  • Saturation (-17)
  • Luminance (23)
colour tone lightroom

colour tone lightroom

  • Mengatur Tone Effect

Langkah selanjutnya adalah mengatur tone effect, ini bertujuan untuk memberikan sedikit vignet pada foto. Ini bertujuan untuk membuat mood foto lebih gelap tapi tetap menunjulkan objek foto. Artinya background foto akan tampak sedikit lebih gelap.

tone effect adobe lightroom

tone effect adobe lightroom

  • Mengatur Tone Curve

Untuk membuat background foto tampak lebih sejuk, saya menggunakan tone curve. Kalian bisa memainkan menu ini dengan cara menambahkan beberapa titik pada grafik tone curve lalu gerakkan keatas atau kebawah.

Memainkan tone curve memang sedikit sulit dan butuh kejelian mata.

tone curve lightroom

tone curve lightroom

  • Memberikan adjusment brush

Untuk membuat beberapa bagian pada foto lebih cerah, saya menggunakan Adjustment brush. Klik tombol yang seperti kuas atau juga bisa menggunakan keyword K pada keyboard.

Atur adjusment seperti exposure, contrast dll seperti terlihat pada gambar lalu sapukan pada objek foto yang akan dipercerah.

Adjusment brush lightroom

Adjusment brush lightroom

  • Membandingkan foto; Before – After

Setelah selesai mengedit foto dan dirasa cukup, kita bisa membandingkan secara langsung foto yang telah diedit dengan cara menekan tombol

before after lightroom

before after lightroom

4. Export foto yang telah diedit

Setelah menyelesaikan rangkain editing foto diatas, langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah meng-export foto tersebut menjadi ke lokasi dan format yang kita inginkan. Caranya adalah dengan meng-klik menu file, export, dan atur lokasi penyimpanan dan kualitas foto.

Export photo Lightroom

Export photo Lightroom

Atur lokasi penyimpanan foto dengan cara klik tombol choose dan pilih lokasi yang diinginkan, kamu bisa memilih lokasi di drive D ataupun E.

Location for saving photo Lightroom

Location for saving photo Lightroom

Sebelum menyimpan foto, atur format file dan kualitas foto serta pixel yang diinginkan. Disini saya memilih format JPEG, quality 100, dan resolusi 72 pixels per inch. Kalian bisa mengatur sesuai keinginan, semakin tinggi pixels, maka kualitas foto akan semakin bagus.

Quality photo lightroom

Quality photo lightroom

  • Langkah terakhir, klik export dan Selesai
before after Lr

before after Lr

before after Lr

before after Lr

before after Lr

before after Lr

5. Share Your Work

Sekian dulu artikel tentang Tutorial Editing Photo Instagram Folk Tone Ep.1 ini. Semoga sedikit memberi manfaat kepada kawan-kawan pembaca blog saya.

Saya akan senang jika hasil editing foto kalian dibagikan di instagram dengan mencantumkan hashtag #BaratdayaTone dan tag atau mention ke instagram saya @baratdaya_

Selamat berlatih mengedit foto, kuncinya hanya satu, Practice makes perfect ! itu aja, terus coba mengedit foto dan dengan sendirinya kita akan terbiasa dan tidak ada kata tidak bisa.

Mari berbagi ilmu, karena apa yang kita beri tidak akan membuat kita kekurangan. 🙂

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar ya, dengan senang hati akan saya jawab.

Silahkan DM atau komen di instagram saya @baratdaya_ untuk foto selanjutnya yang akan saya jadikan sampel tutorial editing

Hasil :

BEFORE

Dendy Selmaeza baratdaya

Dendy Selmaeza baratdaya

AFTER

before after lighroom baratdaya

About The Author

18 Comments

  1. Harahap soleh June 11, 2017 Reply
    • Uda Dendy Selmaeza June 11, 2017 Reply
  2. Doni Laksono June 12, 2017 Reply
    • Uda Dendy Selmaeza June 12, 2017 Reply
  3. Erlangga firdaus June 13, 2017 Reply
    • Uda Dendy Selmaeza June 13, 2017 Reply
  4. Pradikta Kusuma June 13, 2017 Reply
  5. wheelger June 13, 2017 Reply
  6. Ridho Alwan Fahri September 22, 2017 Reply
  7. Kembang Desa October 17, 2017 Reply
    • Uda Dendy Selmaeza December 3, 2017 Reply
  8. zul fahmi February 27, 2018 Reply
  9. Syaiful Huda March 11, 2019 Reply

Reply

Leave a Reply