LANDAK: AIR TERJUN (RIAM) DAIT NAN MISTERIUS

LANDAK: AIR TERJUN (RIAM) DAIT NAN MISTERIUS

Injeh Diri’ Ampus Ka’ Landak! Ayo Kita Main Ke Landak (Land of Dayak)

Kabupaten Landak sangat terkenal dengan sebutan tempat seribu air terjun karena lokasinya yang memiliki banyak perbukitan serta menyimpan banyak air terjun indah yang belum banyak dijamah orang. Pada kesempatan kali ini kami bakalan mengeksplorasi salah satu air terjun yang sangat terkenal diseluruh Kalimantan Barat, air terjun tujuh tingkat atau Air Terjun Dait. Air Terjun dalam bahasa Dayak disebut dengan Riam. Jadi kebanyakan orang disini lebih suka menyebut kata Riam alih-alih menggunakan kata air terjun. Rasanya sangat mempesona ketika masyarakat lokal menyebut padanan kata Riam Dait.

Riam Dait berada tepat di desa Sekendal  kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia. Lokasinya yang berada di tengah hutan hujan tropis Kalimantan yang masih alami dengan beragam flora dan faunanya membuat Riam Dait begitu tenang dan menyegarkan.

Riam Dait yang memiliki tujuh tingkatan air ini memiliki karakteristik dan ketinggian yang berbeda di setiap tingkatannya.  Tingkat pertama Riam Dait memiliki ketinggian sekitar sekitar 60 meter. Pada tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar antara 20-30 meter. Setiap tingkatan Riam Dait ternyata juga memiliki nama, dimulai dari tingkat pertama ‘Ngerak’, kedua ‘Malabat’, ketiga ‘Sonoh’, keempat ‘Jato’, kelima ‘Mbiu’, keenam ‘Katupat’, dan ketujuh ‘Remabo’.

Selain indahnya panorama yang ditawarkan oleh Riam Dait, air terjun yang terletak pada ketinggian dataran sekitar 200 meter diatas permukaan air laut ini memiliki hamparan pasir putih yang karakteristiknya mirip dengan pasir pantai. Sebuah kemisteriusan yang membuat kami penasaran.

Kami menyempatkan untuk trekking tipis-tipis ke tingkat dua yang ternyata cukup menguras tenaga. Di tingkat kedua yang bernama ‘Malabat’ ada sebuah kepercayaan masyarakat bahwa ‘Malabat’ dihuni oleh Labi-labi raksasa yang menjaga intan di air terjun. Sebuah cerita yang membuat kami merinding.

Sayangnya waktu tak mengizinkan kami untuk melangkah menuju tingkat yang ketiga. Keterbatasan waktu membuat kami harus mengakhiri petualangan di negeri seribu air terjun dengan cepat. Tapi Riam Dait akan selalu di hati. Masih banyak kesempatan lainnya untuk bisa kembali mengunjungi dan menuntaskan misi menuju tingkatan tertinggi Riam Dait.

Perjalanan ke Kabupaten Landak memberikan kami pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Ada berbagai macam pengetahuan dan pengalaman baru yang kami dapatkan di Tanah Dayak ini. Berbagai kisah, mitos, sejarah dan keindahan alam masih menanti untuk dijelajahi.

Salam pejalan!

 

One thought on “LANDAK: AIR TERJUN (RIAM) DAIT NAN MISTERIUS

Leave a Reply