Jika ditanya salah satu tempat favorit untuk liburan singkat dan menepi, sebuah tempat yang tidak terlalu jauh dari Jakarta tapi menyajikan sebuah panorama alam yang luar biasa, saya akan menjawab Pangalengan adalah pilihan terbaik. Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pangalengan terletak 40 km di selatan Kota Bandung atau sekitar 29 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang.

Peta Kecamatan Pangalengan

Perjalanan ke Pangalengan kali ini saya mulai dari Jakarta. Seperti biasa, saya berangkat dari Jakarta mengendarai sepeda motor melalui jalur puncak dan beristirahat di Kota Bandung terlebih dahulu. Dari Bandung saya bertemu beberapa orang teman yang sebelumnya sudah terlebih dahulu janjian untuk berlibur bersama di Pangalengan. Kami melanjutkan perjalanan bersama-sama ke Pangalengan sekitar jam 13.00. Perjalanan ke Pangalengan ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam, tergantung kondisi jalan apakah sedang padat atau sepi.

Sesampainya di Pangalengan, jam sudah menunjukkan pukul 15.00. Biasanya saya dan kawan-kawan akan mengeksplor tempat-tempat indah di Pangalengan di pagi hari dan akan beristirahat datu malam di Pangalengan. Kali ini saya dan kawan-kawan akan beristirahat di salah satu villa indah di Pangalengan, namanya adalah Shinta Corner Ranch and Resort, sebuah tempat yang nyaman dengan desain vintage ala rumah cabin.

Udara pangalengan yang sangat dingin hingga membuat saya dan kawan-kawan harus mencari tempat menginap yang mempunyai fasilitas perapian di dalam ruangan. Di Shinta Corner ada beberapa tipe kamar yang dilengkapi dengan perapian di dalam ruangan dengan tungku yang didesain ala rumah eropa di musim dingin. Malam yang dingin di Pangalengan kami lalui dengan kehangatan di dalam ruangan villa ini.

 

Di sini juga ada fasilitas air panas untuk mandi, jadi jangan khawatir kedinginan saat mandi pagi ya. Fasilitas lain seperti selimut hangat dan juga bisa meminta extra bed jika dibutuhkan.

Untuk tipe kamar di Shinta Corner, mereka menyediakan cukup banyak pilihan mulai dari kapasitas 3 orang sampai dengan villa dengan kapasitas lebih dari 8 orang. Untuk informasi lengkap dan pemesanan kawan-kawan bisa menghubungi di nomor : 08112197001 . Untuk pemesanan online kawan-kawan juga bisa memesan melalui Traveloka di link berikut: Shinta Corner .

Rekomendasi tempat indah yang wajib dikunjungi di Pangalengan

Setelah menginap satu malam di Shinta Corner, paginya saya dan kawan-kawan mengeksplor keindahan alam pangalengan, mulai dari Situ Cileunca hingga Cukul Sunrise Point. Berikut beberapa foto yang saya ambil di Situ Cileunca dan Cukul Sunrise Point.

  1. Sepanjang jalan menuju Situ Cileunca

2. Situ Cileunca sebelum matahari terbit

3. Sunrise Point Cukul

 

Itulah beberapa destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Pangalengan sebagai alternatif jika Bandung dirasa terlalu padat saat hari libur.

Seperti biasa, saya selalu memetik sedikit hikmah dari perjalanan yang bukan sekedar liburan ini. Dari perjalanan ini Saya belajar, bahwa semua tempat di negeri ini memiliki keindahannya masing-masing. Tak perlu jauh-jauh untuk menemukan keindahan-keindahan itu, hanya saja kita yang harus merubah sudut pandang kita kearah yang lebih positif.

Perjalanan yang baik menurut Saya akan sampai kepada tempat yang baik pula, dan akan dipertemukan dengan orang-orang yang baik pula. Bukan sekedar tujuan akan suatu destinasi yang semestinya kita utamakan, tapi bagaimana sebuah proses demi proses yang kita lewati. Salam Pejalan!